Profil Program Studi Studi Agama-Agama

Program Studi (Prodi) Studi Agama-Agama jenjang sarjana merupakan salah satu program studi di Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung. Prodi ini memperoleh izin operasional bersamaan dengan Fakultas Ushuluddin dan IAIN Sunan Gunung Djati pada tanggal 8 April 1968 berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 57 Tahun 1968 yang diubah berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 6943 Tahun 2016 tentang Perubahan dan Penyesuaian Nomenklatur Program Studi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) pada tanggal 7 Desember 2016.

Visi

Unggul dan Kompetitif di Bidang Studi Agama-Agama Berbasis Wahyu Memandu Ilmu dalam Bingkai Akhlak Karimah di Asia Tenggara Tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pengajaran, penelitian, dan pengabdian di bidang Studi Agama-Agama yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan nasional yang berdaya saing global.
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang cakap mental, spiritual, dan intelektual.
  3. Mengembangkan inovasi-inovasi dalam bidang Studi Agama-Agama dan mengembangkan kemandirian lulusan.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana Agama yang ahli studi Agama-Agama berdaya saing tinggi di tingkat nasional maupun regional, bertakwa dan berakhlak mulia.
  2. Menghasilkan sarjana agama yang mampu menyebarkan rahmat kepada seluruh alam berdasarkan tuntunan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan.
  3. Menghasilkan sarjana agama yang terampil melayani berbagai kebutuhan masyarakat dalam bidang Studi Agama-Agama.
  4. Menghasilkan sarjana agama yang berpikiran terbuka, bersikap toleran terhadap perbedaan, dan mampu membina kerukunan antar umat beragama.